21 May 2019 | 08:36

MENU

Super Administrator

27 Juni 2018

10 Kali Dilihat

Kota Padang Tambah 40 Hektar Lahan Pertanian Baru

Kota Padang Tambah 40 Hektar Lahan Pertanian Baru

 Lima tahun terakhir Kota Padang mengalami kekurangan lahan pertanian sebanyak 35 hektar akibat alih fungsi. Kebanyakan lahan pertanian tersebut berubah fungsi menjadi kawasan pemukiman.

Kendati demikian, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Padang tak hilang akal dan mencarikan solusi dengan membuka lahan baru 40 hektar pada 2018 ini.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Padang, Syaiful Bahri

Disebutkannya, 40 hektar tersebut 20 hektar akan dibuka padi gogo (lahan kering) di Pauh dan padi rawa di Bungus 20 hektar. Dengan demikian kekurangan hasil panen bisa ditutupi dengan lahan baru tersebut.

Selain itu, untuk meningkatkan produksi panen pada tahun 2018 ini  Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Padang  melakukan beberapa langkah lainnya seperti mengunakan bibit unggul, alat pertanian modern, perbaikan air irigasi serta advokasi penyuluhan kepada petani.

Luas area pertanian di Kota Padang saat ini sekitar 6.474 hektar. Dijelaskan, saat ini mengunakan bibit unggul varietas batang parimana dan sokan yang tahan wereng dengan jenis beras premium.(syawal)

Disadur dari : hariansinggalang.co.id